Subscribe:

Monday, May 27, 2013

Fauna langka Yang ada di Indonesia

  Berikut adalah Fauna langka yang ada di Indonesia

 1. Maleo (Macrocephalon maleo)
    Maleo termasuk jenis makhluk hidup terbang atau burung.Ukuran rata-rata Maleo adalah 55-60 cm.Maleo termasuk ke dalam hewan yang terancam populasinya karena habitatnya yang semakin lama semakin sempit.Habitat burung Maleo ada di Pulau Sulawesi dan Pulau Buton(Sulawesi Tenggara). Tinggal di daerah dataran rendah dan pantai.
      Burung Maleo  memiliki ciri-ciri khas yaitu berbadan kurus, gelap pada mahkota pelindung kepala, wajah berwarna kekuninganp, paha yang hitam, dan perut putih, dengan warna merah muda pada dadanya. Burung langka ini biasanya diam, tetapi jika didekat sarang sangat menjaga, dapat memancarkan suara yang sangat luar biasa. 

2. Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)
Jalak Bali memiliki ukuran panjang: 25 cm, dan berat 85-90 gr.Populasi Jalak Bali sangat terancam,Jalak Bali merupakan salah satu burung paling langka di dunia . 
Ciri-ciri Jalak Bali dewasa memiliki sayap putih dengan strip hitam, ekor tipis dan biru di sekitar mata. Hewan endemik Pulau Bali di Indonesia  menjadi chri khas dan memiliki daya eksotis yang besar bagi wisata .Burung Maleo mendiami hutan monsun dan akasia sabana.

3. Penyu
       Penyu merupakan salah satu hewan langka di dunia. Penyu ditemukan di semua samudra di dunia. Menurut data para ilmuwan, penyu sudah ada sejak akhir zaman Jura (145 - 208 juta tahun yang lalu) atau seusia dengan dinosaurus. Penyu memiliki sepasang tungkai depan yang berupa kaki pendayung yang memberinya ketangkasan berenang di dalam air. Walaupun seumur hidupnya berkelana di dalam air, sesekali naik ke permukaan.
         Penyu di Indonesia semakin langka karena perburuan telur penyu yang semakin marak dilakukan sehingga penyu tidak dapat berkembangniak dengan baik.
 4. 

Artikel Terkait: