Subscribe:

Monday, July 29, 2013

Jenis-jenis Terumbu Karang Indonesia

 Terumbu Karang Indonesia

Indonesia adalah negara maritim terbesar dengan suasana laut baharinya.Indonesia memiliki sekitar 17.507 pulau dengan garis pantai terpanjang didunia sekitar 81.000 km.Indoesia kaya dengan kekayaan laut yang membahana dengan biota laut terbanyak didunia  memiliki jenis jenis ikan seperti ikan kerapu , ikan Napoleon , dan terumbu karang.

Terumbu karang  merupakan ekosistem laut yang indah , terumbu karang adalah sekumpulan hewan kecil laut yang bersimbiosis dengan polip karang ( zooxanthellae ). Banyak orang menganggap bahwa terumbu karang adalah batu mati atau tanaman laut. Terumbu karang adalah hewan yang memiliki tentakel yang berguna untuk memangsa plankton-plankton.

A.      Seputar Terumbu Karang
1.      Luas terumbu karang di laut Indonesia adalah kurang lebih 85.600 km. Terumbu Karang di Indoesia meliputi Terumbu Karang , Terumbu Karang Penghalang , Terumbu Karang Cincin , Terumbu Karang Tepi dan Terumbu Karang Datar.
2.      Terumbu karang adalah tempat tinggal,tempat bertelur, melahirkan anak/pemijahan, membesarkan anak, sumber makanan dan tempat persembunyian dari para pemangsa bagi beberapa jenis ikan kecil maupun besar.
3.      Terumbu karang sumber penghasilan negara di bidang pariwisata. Melalui  Terumbu karang para wisatawan tertarik untuk datang ke laut-laut Indoesia.
4.      Terumbu karang dibangun oleh biota laut sendiri.Hewan yang membangun meliputi karang penghasil kapur, plankton, dan organisme yang mengeluarkan zat kapur.


B.      Terbentuknya Terumbu Karang
a.      Terumbu Karang adalah salah satu mahkluk tertua dan terbesar didunia.Perlu waktu berjuta-juta tahun untuk menjadikan sekumpulan hewan kecil laut membuat terumbu karang.
b.      Terumbu karang adalah hewan yang pembentuknya adalah zat kapur
c.       Terumbu karang merupakan hubungan simbiosis zooxanthellae dengan hewan karang.Hubungan simbiosis ini terjadi karena hewan karang membutuhkan Oksigen dan makanan.
d.      Terumbu karang hanya bertumbuh 1 cm setiap tahun.Berarti butuh waktu yang cukup lama untuk membuat Terumbuh Karang setinggi 5 meter
e.      Terumbu karang akan mati jika kedalaman laut lebih dari 40 meter karena zooxanthellae tidak dapat berfofosintesis.

C.      Perkembangbiakan Terumbu Karang
a.      Dilakukan hanya dengan dua cara yaitu sexsual dan asexsual.
b.      Sistem reproduksi terumbu karang adalah sebagai berikut :
·         Telur dan sperma dilepaskan lalu fertilisasi lalu menjadi zigot
·         Lalu berkembang menjadi planula,kemudian mecari tempat  yang sesuai
·         Lalu planula akan berkembang dan menjadi olip,lalu polip akan terus berkembang

D.     Tipe terumbu Karang
a.      Terumbu Karang Tepi
Tumbuh dipesisir pantai pulau-pulau besar.Terumbu Karang Tipe ini terdapat di Bunaken(Sulawesi Utara ) , Nusa Dua ( Bali )
b.      Terumbu Karang Penghalang terdapat di sekitar pulau besar atau benua seperti Great Barrier Reef di Australia , Spermonde di Sulawesi Selatan
c.       Terumbu Karang Datar terdapat di belakang karang penghalang seperti Kepulauan Seribu di DKI Jakarta , dan Kepulauan Ujung Batu di Nanggroe Aceh Darussalam
d.      Terumbu Karang Cincin terbentuk dari tenggelamnya pulau vulkanik.Terdapat di Takabonerate di Sulawesi Selatan dan di Pulau Mapia (Papua)

Artikel Terkait: